Rabu, 22 Mei 2013


ARTIKEL CARA MENJAGA MUG AGAR TAHAN LAMA
Oleh: M. Ramadani N S N

    Sekarang ini banyak ditemukan gelas-gelas unik di Dunia, terutama di Indonesia, seperti, Mug, Cangkir, Gelas kramik, Gelas untuk hiasan rumah, Gelas kaca, Gelas plasik, dll. Tetapi pada saat ini saya akan menyampaikan beberapa ilmu tentang Mug dan cara untuk menjaganya agar awet dan tahan lama.

    Ada beberapa definisi atau pengertian tentang Mug atau yang sering kita sebut cangkir. Namun secara umum, Mug merupakan suatu jenis wadah tempat minum yang umumnya digunakan untuk menyediakan minuman seperti teh, kopi, susu, coklat panas, dll. Menurut definisinya, Mug adalah cangkir yang bisa menampung volume minuman lebih banyak daripada cangkir-cangkir biasanya. Biasanya Mug dapat menampung sebanyak 350 ml atau duakali llipat dari cangkir teh. Namun pada acara-acara formal tertentu, Mug selain jadi tempatminum juga digunakan sebagai souvenir yang dapat menimbulkan aya artistik pada acara itu.

   Sebenarnya Mug telah ada sejak dulu kala, banyak penelitian yang menemukan cangkir-cangkir yang terbuat dari tulang, batu, dan bambu. Sedangkan pada modern ini banyak sudah yang membuat Mug dengan lebih praktis dan kreatif, banyak yang menggunakan porselin, kramik cina, gerabah, dan plastik, karena itu dapat lebih praktis dan lebih tahan lama. Dan semakin berkembangnya tekhnologi, Mug saat ini banyak yang menggunakan plastik,staintless steel, kaca serta bahan-bahan lainnya yang sering kita temukan pada produk-produk tupperware, thumbler, dll. Karena dayanya yang kuat, sekarang ini Mug tidak hanya digunakan sebagai wadah minuman, tetapi juga untuk hiasan, souvenir, bahkan untuk dekorasi ruang.

    Sekarang ini Mug banyak menjadi tren dikalangan muda maupun tua, karena barangnya mudah dicari, indah, simpel, terjangkau, dan banyak model yang bisa kita miliki sesuka hati ataupun gambar-gambar yang lucu, indah, diberi gambar wajah kita bersama kekasih pun bisa. Hal itu bisa anda dapatkan di tempat-tempat yang menyediakan jasa untuk memesan dan membuat Mug atau juga toko-toko yang menyediakan cangkir yang anda inginkan.

     Mug ini disamping murah dan mudah, banyak terkandung kegunaan-kegunaan lainnya, seperti, untuk minum, hiasan, kenang-kenangan, tempat pensil, dsb. Karena itu, sekarang banyak masyarakat yang memilih Mug sebagai andalannya. Dan oleh karena itu juga, saya memiliki beberapa tips untuk menjaga Mug agar tahan lama dan selalu indah dimata anda. Simak tips untuk menjaga Mug :

    Pilihlah tempat yang sudah terpercaya untuk membuat Mug dan sudah teruji kualitasnya, agar ketika anda memiliki Mug tersebut, anda tidak kecewa dengan hasil yang kurang baik.
    Jangan pernah mencuci Mug dengan bensin dan tiner, karena gambarnya akan rusak, dan mengelupas. Jangan juga meminum kedua cairan itu, karena pasti perut anda juga akan rusak.
    Jangan menggosok Mug dengan serabut kasar, kulit Mug dapat rusak dan gambarnya hilang, yang padahal Mug itu barusaja melewati penghalusan dan pelapisan yang sangat baik.
    Jauhkan dari jangkauan  anak kecil, maupun anda jika sedang marah, karena Mug ini bisa terbang kemana saja jika terjangkau tangan-tangan itu.
    Jangan meletakkan Mug kesayanganmu di sembarang tempat, karena Mug ini mungkin akan menjadi bola, polisi tidur, dsb. Maka berhati-hatilah
    Jika ingin lebih tahan lama, jadikan saja Mug anda sebagai tempat pensil, bolpoin, maupun sebagai tempat pensil. Hal ini jika tidak ada halangan akan menjaga Mug anda sampai tua sekalipun.
    Jika anda menemukankuningan sisa teh maupun kopi di mug anda, saya memilili tips untuk menghilangkannya, caranya dengan oleskan pasta gigi pada noda kuning yang melingkar tersebut, diamkan beberapa menit, lalu lap dengan kain yang halus agar tidak merusak Mug, setelah itu bilaslah dengan air maka anda akan mendapat hasil yang anda inginkan, jika belum sempurna ulangi tahap-tahap diatas hingga anda puas dengan hasilnya.

Dengan tips-tips diatas semoga Mug anda lebih terjaga dan tahan lama, atau juga bisa anda jadikan kenang-kenangan yang anda berikan kepada cucu-cucu anda dikala anda sudah bergigi satu.

Dikutip dari : www.crafo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar